Selasa, 01 September 2015

MANCING DI PELABUHAN KENDAL

Hallo penggemar mancing mania dimanapun anda berada,,welcom back to my simpel blog,,
akhirnya,,,setelah lama nggak posting hal2 yang berhubungan ma mancing,,inilah saatnya yang ane tunggu2,,
mancing di pelabuhan kendal jawa tengah,,,
ane memang berencana mau mendokumentasikan mancing solo ane ketika mancing di pelabuhan kendal,,berhubung dulu2 kalau ane mancing di sini nggak pernah ane foto2 karena ribet,,akhirnya minggu kemarin ane berhasil mendokumentasikan gambar2 yang kiranya menggambarkan perjalanan ane mancing,,
malam minggu ane sudah nggak bisa tidur memikirkan rencana mancing buat besok minggu pagi2 buta,,karena harus adu argumen dulu ma istri,,hehe,,akhirnya ane manteb buat berangkat besok,,
pagi2 jam 5an ane sudah bangun,,cuci muka terus packing nyiapin alat2 buat mancing,,jam 6 pagi ane mulai berangkat,dan alhamdulillah anak istri masih tidur,,kesempatan buat melarikan diri secepat kilat,,hehe
kali ini karena ane mau mancing secara evisien,maka ane membawa alat2 pancing seperlunya dan karena ane hanya mancing sendirian,maka ane cuma bawa 3 alat pancing beserta seperangkat mancing lainya yang jumlahnya sudah ane kurangi dan dibuat pas untuk mancing sendiri,,karena biasanya kalau ane mancing walaupun sendiri ane bawa semua tuh gan peralatan mancing ane,,kira2 beratnya bisa nyampe 5kg'an kalau bawa tas,,hedeeeeehhh,,,jadi repot kan malahan,,
dengan membaca bismilah ane awali perjalanan mancing kali ini,,berharap semoga selamat dalam perjalanan pulang pergi memancing dan mendapat ikan banyak tentunya,,
dari rumah ane di daerah desabulugede patebon kendal ane mulai meluncur menelusuri sepanjang jalan pantura menuju arah timur,,
nyampe di perbatasan antara kaliwungu kendal ane ambil arah ke kiri menuju alteri kaliwungu,,dan di plang sudah ada tulisan yang menunjukkan arah ke pelabuhan juga,,
jarak 100mtr ada penunjuk arah lagi yang menunjukan ke arah pelabuhan juga,,persis di persimpangan arah kaliwungu kota dan arah jalan alteri kaliwungu,,
nah dari arah masuk ke jalan alteri tadi kurang lebih 1 km'an sudah ketemu sama gerbang masuk ke pelabuhan kendal,,ancer2nya setelah rumah makan sakinah persis,dan sebelum pombensin persis,,jadi jalan masuknya di apit oleh rumah makan dan pombensin,,jalanya masuknya cukup lebar,,
nah kurang lebih seperti ini gerbang masuk ke pelabuhan kendal,,jalanya sudah di cor sampai ke laut,,bawa motor bisa bawa mobil bisa,,untuk pengguna mobil hanya bisa di lalui dengan ketinggian mobil standart,,karena terdapat palang untuk ketinggian mobil tertentu,,maklum umur jalan cor2anya masih belum bisa dilewati mobil2 berat seperti truk,,
oya sebelum memancing ane harus beli umpanya dulu,,yaitu umpan udang hidup,,di deretan pinggir jalan arah masuk ke pelabuhan,ada yang jual udang hidup ataupun mati,,
di sebelahnya juga ada yang jual peralatan mancing,,jadi sekiranya ada yang kurang lengkap perlengkapan mancingnya bisa beli disini sekalian,,
nah sebenrnya ini adalah warung langganan ane,dan kmren ane sedikit kecewa,,karena sekarang udangnya belinya per ekor,,biasanya dulu belinya per ons/per kg,,uang 15ribu bisa dapat banyak,,sekarang per ekornya di hargai ada yang 500rupiah ada yang 700rupiah,,jadi kalau beli 15 ribu tinggal di bagikan mau beli yang harga berapa/ekornya,,setelah memilih beberapa udang,,anepun meluncur ke pelabuhan,,
dan setelah nyampai gerbang masuknya,,,taraaaaaaaa,,,,ternyata masuk pelabuahan kendal di tutup,,,haduuuhhh,,,ane bener2 kecewa berat,,spot yang biasa ane mancing nggak bisa di jangkau,,entah apa alasanya sehingga minggu kemarin pelabuhan di tutup,,

dengan penuh rasa kekecewaan akhirnya ane mancing di sepanjang pinggir jalan gerbang pelabuhan yang airnya dangkal,,mungkin cuma selutut orang dewasa kedalamanya,,hedeeeehhh,,dengan kata lain ini cuma mancing asal2an,,bener2 dah nggak mod buat mancing dan bener2 males rasanya,,mau pulang,tapi dah terlanjur beli udang hidup,,,sembari mengumpat dalam hati ane buka peralatan mancing ane,mencoba peruntukan disini,sapa tau ada ikan besar yang kesasar di sini,,hehe,,
akan tetapi belum ada 30 menit ane mancing ane kena sial,,bukan ikan yang di dapat tapi umpan udang hidup yang ane beli lepas semua kelaut,,gantolan pengunci tempat udang putus tergesek bebatuan,,hedehh,,bener2 apes,,dan semakin memperburuk situasi,,dengan berat hati ane mengemasi perlengkapan mancing ane dan harus pulang dengan tangan hampa dan hasil yang benar2 mengecewakan,,
sebelum pulang ane sempet melihat ke arah gerbang masuk pelabuhan,,dan ternyata eh ternyata ada beberapa pemancing yang diperbolehkan masuk pelabuhan,,langsung semangat mancing ane berkobar kembali,,hehe,,tanpa menunggu waktu lama ane tancap gas kembali ke tempat jual udang,,tapi kali ini ane nggak mau kecewa lagi,,ane beli udang mati tapi yang masih segar,,terus meluncur kembali ke gerbang pelabuhan dan bisa masuk dengan membayar 3000 rupiah,,ternyata orang2 biasa atau umum dilarang masuk,entah karena apa alasanya,,tetapi yang untuk para pemancing diperbolehkan masuk dengan biaya 3000 rupiah,,,istimewa,,,hehe



sebelum ane menyiapkan peralatan mancing,,ane sempetin buat mengabadikan beberapa foto keadaan pelabuhan kendal pagi itu,,bener2 beutifull,,hehe,,suasananya sepi,,hanya terlihat beberapa pemancing yang sudah memulai duluan,,coba kalau tadi dibuka untuk umum,,pasti suasanya sangat ramai dan mengganggu konsentrasi memancing,,pokoknya bener2 istimewa pemandanganya,,ombaknya belum ada,lautnya begitu tenang,udaranya masih sejuk dan hangat,,belum panas menyengat,,
ane pun mulai menyiapkan peralatan untuk memancing setelah puas menikmati suasana pelabuhan kendal pagi itu,,dan mulai mengeluarkan beberapa jurus memancing,,hehe,,
setelah beberapa menit hasilnya masih nihil walaupun ada beberapa tarikan umpan ikan kecil,,tapi sudah cukup membuat hati ane senang,,karena buat ane kepuasan memancing adalah di saat umpan ane mendapat sambaran,,mendapat ikan besar adalah bonusnya,,hehe,,

belum sempet ane merasakan tarikan ikan besar ane sudah di kejutkan dengan hasil yang di dapat oleh pemancing lain yang lebih dulu datang duluan sedari pagi buta,,bener2 mantap dah,,2 ekor kakap putih atau baramudi berhasil di angkat,,mungkin 2 ekor itu beratnya bisa sampai 7kg,,benar2 membakar semangatku untuk lebih giat memancing,,,,loh,,,hehe,,,
akhirnya ane dapat ngangkat ikan juga gan setelah bocel beberapa kali,,,

ini dia hasil pertama ane mancing,,ikan pari atau biasa di sebut iwak P,,,lumayan si tarikanya,itung2 sedikit mengobati perasaan kecewa,,hehe

ini hasil ikan ke dua ane,,hehe,,nggak tau ikan apa namanya,,yang penting tarikanya lumayan mantap juga,,
setelah cukup lama memancing dan cuma mendapatkan 2 ekor ikan saja sampai siang,,akhirnya ane memutuskan untuk pulang saja karena semakin siang semakin panas,,kulit ane bisa tambah gosong permanen kalau ane paksain buat mancing terus,,lagian tarikanya juga sudah sepi karena semakin siang ombak sama anginya makin kenceng,,
padahal umpan udang mati ane masih banyak banget,,ane pikir ntar buat di gimbal aja apa di goreng dirumah,,hehe,,,tapi setelah melewati sungai kecil di pinggir jalan tambak arah pulang ane sempet berhenti sebentar,,filing ane buat mancing kembali muncul,,

benar saja gan,,dalam waktu singkat ane dapat 4 ikan sekaligus gan,,,ukuranya sih memang nggak terlalu besar,,tapi pas lah buat ukuran konsumsi,,1 ikan karangkerong dan 3 ikan bluso,,
setelah di rasa cukup,dan karena hari semakin siang dan panas,,akhirnya ane memutuskan untuk pulang,,
akhir cerita,mancing ane kali ini kurang memuaskan dan mengecewakan,,tapi cukup menghibur ane lah setelah sekian lama tidak memancing,,hehe,,,
semoga menghibur dan salam mancing,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar