Rabu, 09 Oktober 2019

PIKNIK KEBUN BUAH BATU KELUARGA UCIHA

Assalamualaikum warohmatullohiwabarokatu,,,selamat datang kembali di blog sederhana saya,,masih lanjut cerita dari trid kmren habis dari museum angkut dan rehat malam di hotel tempat kami menginap,,paginya kami berencana mau pergi ke kebun buah daerah batu,,dan rencananya hari ini cuma mengunjungi 2 tempat karena sorenya kami langsung mau pulang ke semarang,,
pagipun mulai datang,,saya bangun pertama,badan rasanya masih lumayan capek,efek jalan2 ke museum angkut,,tapi kami harus segera prepare karena waktu yang terbatas,,sayapun segera membangunkan anak dan istri,untuk segera berbenah mandi dan sekalian cek out dari hotel tempat kami menginap,,

setelah cek out dari hotel,kami lanjut jalan menapaki setiap sudut kota batu yang udaranya masih sejuk,,tiba2 istri saya menyarankan untuk mencari oleh2 dulu di salah satu tempat pembelian oleh2 yang cukup besar di kota batu,,sempat bertemu rombongan wisatawan dari semarang juga,ada sampai 4 bus besar,tapi anehnya kami nggak ada yang kenal walau sama2 dari semarang,,wkwkwkw,,😂😂😂😂😂😂,,,tempatnya terdiri dari dua lantai,,yang bawah untuk berbagai macam aneka oleh2,,dari mulai batik kas kota batu,kerajinan tangan,kerajinan anyaman kayu dan yang paling utama aneka keripik dari berbagai macam buah2an,,tapi paling banyak keripik buah apel sama minuman sari buah apel yang dikemas cukup menarik,,di lantai atas terdapat tempat untuk makan atau restoran yang cukup luas juga,,kami sempat mau sarapan pagi juga di tempat itu,,tapi karena kondisinya masih ramai kamipun memutuskan untuk mencari makan diluar saja,,

setelah membeli oleh2 selesai,,perut kamipun rasanya sudah lapar,tapi kami bingung harus makan dimana,,istri sayapun memberi saran mencari makan di alun2 kota batu saja sekalian lihat alun2 kota batu kayak gmn,,maklum,kami baru pertama kali mengunjungi kota batu ini,,
alun2nya tidak sebesar di kota malang,tapi yang menjual makanan banyak,,apalagi aneka jajanan,,banyak stand2 kuliner yang di sediakan dalam satu tempat,,saya sendiri mencoba soto lamongan,anak saya penyetan ayam goreng dan istri saya mencoba sop iga,,untuk harga disini relatif ya,seperti di kota2 pada umumnya,,untuk rasanya cukup enak,,tempatnya juga bersih dan cukup luas,,

kami sempat berjalan mengelilingi alun2 batu sebentar,,sembari membeli beberapa jajanan yang di jajakan di sekitaran alun2,,tanpa di sangka kami juga menjumpai tempat jajanan pos ketan yang katanya sudah melegenda sejak tahun 1967,,bahkan di pos ketan ini banyak artis2 yang menjadi langganannya,,sayang kami sudah merasa kenyang,,jadi belum bisa mencicipi,,😫😫😫
next time kalau ke kota batu lagi,mau explore jajanan kas dan kulinernya,,

setelah dari alun2 batu kamipun segera meluncur ke tempat berikutnya yaitu kebun buah,,,letaknya cukup dekat dengan museum angkut,,tinggal naik terus kira2 1 km sudah sampai,,di kebun buah ini ada beberapa tanaman buah yang di tanam,,mulai dari buah apel tentunya yang memang jadi buah unggulan di kota batu ini,ada buah jeruk,jambu biji,kelengkeng,strowbery,buah naga,dll,,
sayang waktu kami berkunjung tanaman pohon yang sedang berbuah cuma jeruk dan jambu biji,sehingga kami cuma bisa masuk ke 2 kebun,,sedangkan kebun buah apel yang menjadi unggulan belum masanya berbuah,,😩😩😩😩

oya untuk masuk ke wisata agro buah ini ada beberapa paket wisata yang di tawarkan,,karena ada beberapa kebun buah yang ada,maka dibuat menjadi kelompok2 kebun yang sedang berbuah saja bisa di kunjungi,,kebetulan waktu itu kami hanya ke dua kebun saja,,yaitu kebun buah jeruk dan buah jambu biji,,

kamipun memulai tur dengan menaiki mobil perkebunan yang sudah di modifikasi sedemikian rupa untuk mengantar para pengunjung ke sektor2 kebun buah yang akan di kunjungi,,karena tempatnya yang cukup luas maka keberadaan mobil ini sangat dibutuhkan,,oya,menaiki mobil ini gratis lho,karena ini salah satu vasilitas yang di sediakan dari pihak perkebunan,,

di perjalanan kami sempat melewati pabrik pengolahan minuman dari sari buah yang menjadi unggulan di kebun yang kami kunjungi,,seperti sari buah apel dan sari buah jambu,,
dari luas pabrik dan banyakny prodak,sepertinya skalanya cukup besar,,
menurut supir yang membawa kami ke tur perkebunan,pengiriman produknya sudah sampai kota2 besar yang ada di indonesia,,luar jawa pun juga banyak,,

lalala yeyeye,,,😍😍😀😀,,,kebun buah yang pertama kami kunjungi adalah kebun buah jeruk,,begitu masuk setiap orang di kasih 1 kantong plastik untuk tempat kami membawa jeruk yang kami petik,,sayang 1 orang hanya boleh memetik 5 buah jeruk yang sudah matang,,kami pun segera memilih jeruk2 yang sudah matang di pohon,,,kebunya cukup luas dan pohon jeruknya juga banyak,membuat kami menjadi bingung mau memetik yang mana,,hehe,,
oya,disini pengunjung dilarang memakan buah jeruk dan membuang sampah buah sembarangan,,karena sampah buah bisa memancing lalat2 buah berkumpul,,jika banyak lalat buah yang datang bisa mengakibatkan buah2 yang masih bagus dan masih menempel di pohon menjadi ikut rusak karena menjadi santapan atau tempat berkembang biak lalat2 buah,,
jadi jangan tersinggung jika banyak pegawai perkebunan yang selalu memberi peringatan2 kepada pengunjung yang belum tau,,

setelah puas di kebun jeruk,kami melanjutkan perjalanan ke kebun berikutnya dengan naik mobil perkebunan tadi,,karena kecapean di kebun jeruk,kami beristirahat sebentar di taman yang cukup luas dan bagus pemandanganya,,sebelum melanjutkan ke kebun berikutnya,,
di taman juga banyak spot2 foto yang cukup bagus,,sayangnya setiap spot kita di kenakan tarif dari 5000 sampai 25.000,,,

karena cuacanya sangat cerah dan cukup panas walaupun udara di batu agak dingin,,kami sempat berteduh di bawah pohon durian yang tidak begitu besar,namun buahnya cukup banyak,,
sambil makan buah jeruk yang sempat kami petik tadi,sungguh sangat damai sekali,,sesekali menikmati pemandangan kota batu yang terlihat cukup jelas dari taman,,

lanjut ke kebun berikutnya,,yaitu kebun buah jambu biji,,peraturanya kurang lebih hampir sama dengan kebun jeruk,,begitu masuk langsung di kasih kantong plastik untuk tempat buah yang kami petik,,tapi di kebun jambu ini lebih bebas,,boleh makan sepuasnya di sini,,tapi pengambilan buah untuk dibawa per orangnya hanya 5 biji saja,,boleh membeli juga untuk oleh2 dibawa pulang,,
karena tenaga sudah habis dan capek,,dan waktu juga sudah siang kamipun memutuskan untuk pulang,,diperjalanan keluar kebun buah kami sempat melewati semacam toko oleh2 yang masih berada di kawasan wisata kebun,,istri sayapun mencoba mampir membeli beberapa oleh2 seperti sari buah yang di kemas dalam bentuk gelas plastik dan dijual per dus,,harganya cukup murah,mengingat di sini memproduksi sari buah tersebut sendiri,,ada pula beberapa macam kripik buah yang rasanya cukup enak dan di kemas menarik,sangat cocok untuk oleh2 di bawa pulang,,
aneka kaos2 kas kebun buah dan berbagai macam pernak pernik juga di jajakan di toko ini,,
setelah dari kebun buah kami melanjutkan ke tempat perjalanan berikutnya,,tapi akan saya ceritakan di cerita berikutnya,,semoga terhibur dan terima kasih,,,