Rabu, 04 September 2019

OPEN TRIP BROMO(WIDODARENI,PURA LUHUR POTEN & GUNUNG BATOK) KELUARGA UCIHA

Assalamualaikum warohmatullohiwabarokatu,,selamat berjumpa kembali di blok sederhana saya,,
langsung saja nih, masih ada hubunganya sama cerita2 saya yang lalu,, #MELIHAT SUNRISE DI PENANJAKAN 1 BROMO# ..
setelah puas melihat sunrise di penanjakan bromo kami pun melanjutkan tour ke tempat selanjutnya yaitu widodareni,,perjalanan antara penanjakan dan widodareni sebenarnya cukup dekat,,hanya tinggal turun saja,,tapi yang jadi masalah adalah medan jalanya yang sempit berkelok dan turunanya sangat tajam,,membuat adernalin kami langsung naik,,
sebenarnya pas saat berangkat kami sudah melewati jalur ini,,tapi karena kondisi waktu itu malam dini hari,maka kami tidak tau kalau ternyata pemandanganya sangat bagus sekali di saat pagi hari,,kawasan bromo dan sepanjang kaldera terlihat gagah berdiri di padu dengan embun pagi yang mulai memudar karna sinar mentari perlahan mulai naik menunjukkan eksistensinya,,😁😁😁
diluar dari pemandangan yang sangat indah ini,kami juga harus menahan rasa ngeri karena sepanjang perjalanan arah turun ke widodareni pinggirnya adalah jurang tinggi,,

widodareni adalah wilayah padang pasir yang cukup luas,,terletak di belakang gunung batok,sehingga terlihat seperti membelakangi kawah bromo,,sepanjang mata memandang hanya terlihat deretan kaldera bromo yang berdiri gagah dan hamparan pasir yang sedikit di tumbuhi rerumputan,,

di widodareni kami hanya sebentar,mungkin cuma 20 menitan,karena disini kami hanya berfoto2 sebentar,,anak kami pun yang sedari malam tidak tidur sama sekali akhirnya menyerah juga karena kecapean,,sebenarnya kamipun juga sudah kecapean dan lelah sangat,,tapi karena memang tripnya tahapanya seperti ini ya harus di jalani,makanya kalau mau kesini harus benar2 jaga kondisi badan,,
terutama jika membawa anak kecil harus siap fisik dan mental,,extra persiapan juga tentunya,,

sehabis dari widodareni tempat selanjutnya yang di kunjungi adalah gunung batok,pure luhur dan kawah bromo yang letaknya bisa di bilang 1 area,,,perjalanan kurang lebih hanya 10 menit saja dari kawasan widodareni,,jeep yang kami tumpangi pun hanya parkir sampai tempat parkiran jeep saja,,karena untuk masuk ke area pure luhur atau kawah bromo kita hanya di perbolehkan naik kuda atau jalan kaki saja,,ada juga sih yang pakai motor sampai belakang pura,tapi terlihat agak kesulitan juga karena medanya berpasir,,
di saat kami baru keluar jeep, banyak sekali bapak2 atau mas2 berkuda yang menawari jasa naik kuda yang tarifnya menurut kami lumayan juga,,hehe,,akhirnya kami memutuskan untuk jalan kaki saja sembari menikmati keindahan sekitar,,oya,kata bapak gaet tour kami,kalau mau naik kuda sebaiknya jalan dulu saja sampai pertengahan,karena nanti tarifnya akan berkurang cukup banyak,,
tetapi kami tetap memilih jalan kaki saja walaupun cukup jauh dan sangat melelahkan,,
sepertinya kami kurang beruntung,,karena kami tidak dapat memasuki wilayah pure luhur,,ternyata untuk memasuke pure luhur hanya bisa dilakukan saat ada acara adat kebudayaan atau perayaan agama warga sekitar,,akhirnya kami mencoba memutarinya lewat jalan samping menuju kawah bromo,,dan kami juga harus memendam rasa kekecewaan,dikarenakan jalur untuk naik melihat kawah gunung bromo sedang di tutup,,sepertinya kami berkunjung di waktu yang kurang begitu tepat,kabarnya pada saat kami kesana kawah bromo sedang aktif maka jalur untuk naik di tutup,,padahal kawah bromo adalah salah satu destinasi yang wajib untuk di kunjungi,,😢😢😢
gunung bromo memang gunung yang masih aktif setiap harinya,,tetapi pengunjung atau wisatawan masih bisa melihatnya jika keadaan gunung bromo aktif secara normal,,kebetulan pada waktu berkunjung kemarin kondisinya gunung bromo berstatus siaga,,karena 2 minggu sebelumnya gunung bromo sempat memutahkan material dan abu vulkanik cukup besar hingga radius beberapa km,,tetapi masih bisa di kunjungi dengan pembatasan jarak yang sudah di buat oleh petugas,,

karena waktu juga sudah semakin siang akhirnya kami melanjutkan ke tempat tour berikutnya,yaitu pasir berbisik,,di parkiran jeep,kami sempat mengisi perut dulu,yaitu bakso malang yang bentuknya beda sama bakso malang yang ada di semarang,,kayaknya lebih menarik yang di semarang,,wkwkkwk,,banyak juga yang menjajakan makanan di area parkir jeep ini,,
setelah cukup kenyang kami mencoba mencari jeep yang kami tumpangi,ternyata cukup bingung juga karena ada ratusan jeep dan warnanya banyak yang sama,,😃😃😃
biar nggak kepanjangan bacanya,ceritanya saya lanjutkan ke tred berikutnya ya,,semoga terhibur dan wassalamualaikum,,