Senin, 05 Desember 2016

MANCING PELABUHAN KENDAL ( KECEWA KARENA ADA PERLOMBAAN MANCING )

Welcom sedulur2 mancing mania dimanapun anda berada,,selamat datang di blog sederhana ane,,kali ini ane akan bercerita tentang mancing nih,,seperti biasa di pelabuhan kendal,,tapi kali ini membuat ane kecewa berat dan sedikit ndongkol,,
berawal dari adanya kegiatan lomba memancing kakap putih atau baramudi bulan november kemarin,,yang di adakan oleh bupati kendal memperebutkan piala tetap,dan berhadiah sepeda motor,kegiatan mancing pribadi ane jadi mengecewakan,,,dan mungkin bukan hanya ane aja yang kecewa,,tapi pemancing2 lain yang tidak mengikuti lomba juga merasakan hal yang sama,karena selama kegiatan lomba berlangsung pemancing yang tidak ikut serta dalam lomba atau terdaftar sebagai peserta lomba tidak boleh masuk area pelabuhan kendal sampai acara selesai,,sungguh sangat mengecewakan karena seharusnya di peruntukan untuk umum juga tidak masalah selama tidak mengganggu acara lomba tersebut,,contohnya ane yang hanya ingin memancing ikan2 kecil seperti tegowojo,tembong,sumedar dan kiper,,

ane sendiri berangkat agak siang sekitar jam 6 lebih berangkat dari rumah,,karena memang bangunya kesiangan,,hehe,,,nyampai di pelabuhan sekitar jam 7 langsung ke warung langganan ane beli udang,,tidak seperti biasanya,karena ada kegiatan perlombaan memancing,stok udang hidup banyak banget,tetapi harganya agak mahal,,benar2 pintar sekali memanfaatkan peluang,,hehe,,biasanya ane hanya beli udang mati karena target ane hanya ikan2 kecil seperti kiper,kerapu,tegowojo,tembong,sumedar dan lain2,,tapi karena persediaan udang mati malah kosong akhirnya ane beli udang putih hidup dengan harga 2000 per ekor ukuran sedang,,hedeeehhh,,benar2 mahal menurut ane,,ane pun cuma beli 10 ekor kena 20.000,,tak apalah yang penting bisa mancing,,

karena gerbang masuk pelabuhan di jaga ketat sama securiti dan satpam jaga,ane ma pemancing2 lain yang tidak mengikuti kegiatan lomba tidak diperbolehkan masuk walaupun ada pemancing yang sempet mau nyogok dengan uang 5000-10.000 tetap tidak di perbolehkan masuk,,katanya harus menunggu sampai kegiatan perlombaan selesai kira2 sekitar jam 8 pagi,,,
perlombaanya sendiri dimulai dari sabtu jam 8 malam sampai minggu jam 8 pagi,,dan target ikan yang di perlombakan hanya ikan baramudi atau kakap putih,,
sembari menunggu kegiatan selesai akhirnya dengan terpaksa ane mancing di jembatan kecil yang keliatanya kurang strategis buat mancing,karena keadaan airnya sedang surut,,ikanya pun paling hanya ukuran kecil2,,hampir 1 jam ane mancing di situ dan benar saja,ane cuma dapat ikan2 kecil,,kerapu ukuran 3jari dan beberapa ikan petek kecil,,
akhirnya ane memutuskan untuk pindah mencoba masuk lagi ke pelabuhan kendal karena waktu sudah menunjukka jam 9 nan,,ternyata masih belum boleh masuk,,banyak sekali pemancing2 yang menunggu di depan gerbang sembari mampir di warung2 yang menjajakan dagangan di sepanjang jalan dekat gerbang pelabuhan,,mereka menunggu dengan wajah yang sangat tidak mengenakkan,,terlihat kekecewaan yang sangat mendalam karena umpan udang hidup mereka akan sia2 kalau terlalu lama di dalam tempat umpan,,

setelah agak lama menunggu didepan pelabuhan kendal akhirnya ane masuk lewat samping gerbang yang terhubung di bebatuan pemecah ombak samping kanan pelabuhan kendal,,spotnya lebih baguslah dari pada ane mancing di jembatan kecil tadi,,airnya agak surut dan ombaknya tenang,,
walaupun kondisinya terlihat mendukung tapi ternyata disini ane boncos,,,tidak ada tarikan ikan sedikitpun,,hampir 2 jam ane disini tapi tidak dapat ikan satupun,,akhirnya dengan perasaan kecewa ane memutuskan pulang saja,,kondisi umpan udang hidup sudah mati dan cuma ke pakai 2 ekor saja,,sisa 8 ekor keadaan mati tapi terlihat masih segar,,
sesampainya di gerbang masuk ane sempet mampir kewarung beli es teh manis sampai 2 gelas karena merasa sangat haus dan dehidrasi,,,rasa lapar juga mulai terasa tapi hanya ane ganjel dengan 1 potong pisang goreng yang rasanya sangat aneh,,hehe,,maklum di warung ini terlihat daganganya ala kadarnya,,sekitar jam setengah satu siang ane melihat ada beberapa pemancing yang sudah di perbolehkan masuk area pelabuhan kendal karena terlihat acaranya sudah selesai,,
semangat ane pun kembali membara,,dengan sigap ane ikut masuk dengan membawa motor,menuju spot andalan ane di dermaga sebelah kiri pelabuhan kendal,,,
keadaan di dermaga saat itu sudah sepi,,terlihat hanya ada 1-2 pemancing saja,,mungkin karena sudah siang dan cuacapun sangat panas sekali,,lautnya begitu tenang tetapi sayang keadaan airnya sedang surut,,ane pun harus memilih tempat atau spot yang agak jauh menjorok kelaut,,kebagian air yang masih agak dalam,,

sesampainya di spot yang ane rasa pas,,akhirnya ane mempersiapkan alat2 buat memancing lagi,,tetapi ane agak kecewa karena spotnya sangat kotor,,terlihat di sepanjang dermaga banyak sampah2 plastik dan bekas minuman yang berserakan,,bekas para peserta lomba yang sedari malam sudah mulai memancing,,bau pesing juga sangat menyengat sekali menandakan banyak peserta mancing yang buang air kecil sembarangan,,,hedeeeehhh,,,

dan akhirnya setelah melewati kekecewaan bertubi-tubi menguras tenaga dan emosi jiwa hasilnya ane bisa membawa ikan yang cukup lumayan lah menurut ane,,tarikan ikan kiper dan tegowojonya sangat banyak,,sekali masang umpan langsung di sambar,,sampai lupa waktu kalau sudah menunjukkan hampir jam 4 sore,,hehe,,akhirnya ane memutuskan pulang dengan perut kelaparan karena belum makan sedari pagi,,sungguh hari itu ane dibuat kecewa berat dengan adanya perlombaan malah menghalangi penghobi mancing yang lain untuk menyalurkan hobinya,,semoga postingan ane kali ini bisa sedikit menghibur agan2 sekalian,,tetap bahagia dan salam mancing mania MANTAP,,,