Minggu, 15 Februari 2015

INGATLAH SELALU SEMUA YANG BERNYAWA PASTI MENGALAMI KEMATIAN

Pagi para penghoby mancing ,,,selamat datang di blok sederhana ane yg nggk begitu penting sih,tapi bolehlah kita berbagi ilmu sedikit dan pengalaman2 sebagai pelajaran hidup untuk kita semua,,,
kali ini ane nggk nge bahas soal mancing atau cerita2 yang berhubungan dngn mancing,,,
jngn lupa tetep sedian teh anget atau kopi KOKO BELUK plus cemilan biar nggk boring mbaca blok ane,,,hehe,,,
tanggal 15-02-2015 tepatnya hari minggu kemaren ane sedang berduka karena di tinggal pergi pakde tercinta yang kini telah tiada,,,alah,,,hehe *lebay dikit biar nggk terlalu larut dlm kesedihan,,*,,,MARJONO BIN COKROREJO,,,
di sini ane akan cerita sedikit soal pengalaman ane dalam acara pemakaman jenazah beliau yg tentu saja ane alami sendiri,,,yang sebenernya agak menarik buat ane pribadi,,,
sebenernya tanggal 15-02-2015 adalah hari dimana ane dan keluarga dari istri alias mertua ma ponakan2 merencanakan untuk berwisata ke jogja,,karena saking pengenya istri ngebet ngajak piknik keluarga ke jogja,,,akhirnya minggu pagi jam 6 kurang seperempat ane dan keluarga berangkat dari kendal,,,
padahal malamny pakde ane sudah mengalami yang namanya masa2 sakarotul maut,,,yang katanya sudah nggak karuan rasanya,,,pngn di pijitinlah,,pngn saudara2nya suruh ngumpul lah,,dll yg diluar kebiasaan beliau,,akhirnya kluarga dari pakde dan kluarga ane yg di semarang menghubungi kluarga yg di kebumen yg masih adek2 kandung pakde,,,mlmnya saudara2 dari kebumen langsung brngkat sampai semarang subuh,,
singkat cerita adek2nya termasuk bapak ane sudah kumpul di rmh beliau,,,nemenin beliau sampe di saat2 terakhir,,,
dan yang ane sesalkan,,kluarga ane gagal menghubungi ane,,yg notabene ane sudah siap2 dan berkemas2 buat berangkat ke jogja bserta kluarga kendal,,yg krna memang hp ane dan istri pada saat itu sedang mati,,tapi hp kantor selalu ane hidupkan krna mngkin sewaktu-wktu ada telp yg pnting,,tapi tetap tdk bsa di hubngi katanya,,,padahal mlmnya tepatnya malam minggu perasaan ane sudah nggk enak,,,rasanya gelisah,,mau tidur nggk bisa padahal badan ane rasanya dah capek ingin di istirahatkan setelah seharian mancing di pelabuhan kendal,,,
akhirnya minggu pagi jam 6 kurang seperempat ane dan keluarga kendal berangkat menuju jogja tanpa ada perasaan apapun,,,ane sempat lewat tol krapyak padahal,,,sampai di magelang baru ane menerima telp dari ibuk kalau pakde ane sudah meninggal jam 08;09 di umur ke 63 tahun,,,innalillahi wainna illahi rojiun,,,ane langsung putar balik arah semarang,,tancap gas dengan perasaan nggk karuan,,karena tadi hati rasanya sudah senang ber angan2 berwisata keluarga langsung berubah 180 derajat jadi duka yg mendalam,,,
akhirnya ane nyampe di rmh duka kurang lebih jam 10;47,,suasana sudah ramai drmh duka dngn pelayat2 maupun saudara2 yg sudah datang lebih dulu,,,sontak air mata ane spontan netes deres bingiiit,,,sudah ane tahan2 tetep kluar terus,,,apalagi wktu liat jenazah beliau yg sudah di bungkus kain kafan di tutupi pake jarik,,tambah deres air mata ane,,,tapi ane kagak guling2 ma bertingkah aneh kayak di sinetron2 yg terlalu mendramatisir suasana,,,
sambil membaca tahlil berjamaah ane ngelamunin,,mbayangin kenangan2 dulu bersama beliau,,sesekali air mata spontan mengalir begitu saja,,,terasa wktu begitu cepat berlalu,,mengenang dulu ane pernah jadi murid ngaji beliau di saat ane msh kecil,,,skrng ane sudah punya anak kecil,,,baru tersadar kalau wktu trs berlalu,,yg kecil akan semakin besar,,yang muda akan semakin tua,,yg tua akan mati,,,begitulah perjalanan hidup manusia,,,benar kata orng tua jaman dahulu yg sering kita abaikan karena terlalu memikirkan dan mementingkan duniawi,,,"URIP CUMA MAMPIR NGOMBE,,"translate,,,,hidup cuma mampir minum,,,artinya hidup cuma sementara di dunia,,dan hidup kekal adalah di akhirat,,,maka carilah sangu atau ilmu bermanfaat,dan amal ibadah sebanyak2nya,,,tinggalillah warisan ilmu2 yang bermanfaat dan ajaran agama yg benar untuk penerusmu dan anak cucumu,,,agar bisa hidup lebih baik untuk generasi penerus,,,
bukan mewariskan harta dan kekayaan yang berlimpah,,krna sesungguhnya harta dan kekayaan tidak menemani atau menolong kita di alam kubur,,,
kembali ke cerita ane di saat menyolatkan jenazah almarhum setelah di mandikan,di tahlilkan dan setelah tim yg membuat liang kuburan selesai akhirnya jenazah mulai di berangkatkan ke pemakaman umum daerah krapyak semarang,,sesampainya di pemakaman air mata ane mengalir lagi melihat jenazah almarhum yg di turunkan ke liang lahat dan melihat bapak ane yg adik kandungnya sendiri mengumandangkan azdan untuk almarhum terakhir kalinya sambil menangis,,,spontan semua kaluarga ikut menangis,,,,dengan suasana haru akhirnya mulai lah mencangkul tanah untuk mengubur beliau,,,dan mulailah kebiasaan atau adat salam perpisahaan dari mu'din dan di tutup dngn mendoakan beliau,,,di saat mendoakan beliau di dalam hati ane sempat ingin mengabadikan gambar atau memfoto proses pemakaman beliau tapi karena msh rame dan bnyak orng dan ane msh dlm suasana bersedih jadi ane sampe gk sempet ngeluarin HP untuk sekedar memfoto,,sbnernya agk kecewa dlm hati krna nggk sempet memfoto,,
setelah berdoa para pelayat mulai pulang di susul dngn keluarga yg pulang terakhir,,,ane pun mulai berjalan pulang peninggalkan pusaran beliau,,,di saat kluar ke parkiran di luar dugaan ada insiden kecil yg mengharuskan ane masuk lagi ke area pemakaman,,,oya ane waktu itu memakai mobil,,karena di area pemakaman krapyak jalan masuknya sangat sempit apalagi di tambah beberapa kendaraan sepeda motor yg sedang parkir,sehingga ane kesulitan untuk memutar balik mobil terjadilah insiden ane nyenggol motor revo yg sedang parkir,,akhirnya jatuh,,,sebenernya sih nggk ada lecet di body motor revonya,,cuma setangnya ada bekas goresan dikit,,tapi ane tetep mau tanggung jawab,,ane tanya tu orng sekitar,,niki motore sinten nggeh?translate,,,ini motornya siapa ya???,,,trs ada anak kecil yg menjawab,,,itu motor kakak saya dngn polosnya,,,sya tanya,,,''lha kakaknya di mana dek?''  adek:''kakak saya masih di dalam makam",,ane : ''bisa di panggilkan dek?" adek ; '' iya,,,",,,setelah menunggu beberapa menit adeknya nggk kluar2 dari dalam area pemakaman akhirnya ane nyusul masuk lagi ke area pemakaman,,krna rombongan yg ikut mobil juga sdh nungguin,,ane nemuin adek tadi sedang bingung nyari kakak sama mamanya,,akhirnya ane mbantu nyariin,sampe ketemu,,,ternyata kakak sama mamanya sedang takziah di kuburan yg letaknya lumayan dekat dngn kuburan almarhum pakde ane td yg baru di kebumikan,,ane ngobrol bentar sambil menjelaskan kalau motornya ane senggol sampe jatuh,,sambil berjalan ane melewati kuburan almarhum pakde ane lagi,,dan tanpa pikir panjang ane ngambil HP ane buat foto kuburan pakde ane karna suasana sudah sepi,,,sambil ngusap patok / batu nisanya untuk pamitan lagi,,alhamdulillah akhirnya bisa ngambil foto juga dalam hati ane bergumam,,,hehe,,,
ni penampakan foto kuburan almarhum pakde ane gan MARJONO BIN COKROREJO,,jngn lupa doain juga ya gan surat alfatehah ma kulhu 3x,,syukur2 di doain tahlil ma surat yasin juga,,,hehe,,,alhamdulillah,,,inget gan kalau kita mendoakan orang lain itu sama saja kita mendoakan diri sendiri dan dapat bonus pahala,,,dari pada kita ngrasani kejelekan orng lain nnti malah dapat dosa,,a'uzubilah mindalit,,,

lanjut dikit lagi ya gan,,,setelah ane nyampe parkiran dan ngejelasin kronologis kejadian sama pemilik motor,,akhirnya damai juga,,karna motornya memang sbenernya kagak kenapa-napa,,tapi ane harus ngeluarin uang lembaran 100 ribu,karna mamanya bilang seiklasny saja dan karna di dompet ane adanya 1 lembaran 100ribu doank akhirnya tak kasihkan juga,,itung2 amal dan itung2  sebagai bentuk tanggung jawab ane,,,hehe
dan alhamdulilah ane ma rombongan kluarga pulang krmh juga,,dalam perjalanan ane sempet berfikir dlm hati dan bertanya2,,,apa kejadian tadi cuma kebetulan ya??? dan soal uang 100 ribu,,mengingatkan ane soal beberapa hari kemarin sebelum pakde ane meninggal,ane mau ngasih uang ke pakde ane tapi nggk jadi,,krna pakde katanya pngn pulang ke kebumen di kota kelahiranya hari sabtu sebelum meninggal,,krna beberapa alasan situasi dan kondisi akhirnya nggk jadi,,ane juga nggk jadi ngasih juga,,karena fikiran ane uangnya tak buat bekal dulu wisata ke jogjanya,,buat pakde minggu depanya aja,,sbnernya sblum almarhum meninggal pas lagi sakit,,ane suka ngasih uang buat cekelan beliau kalau pas ada rejeki lebih,,,soalnya karna sakit yg sudah lama beliau sudah tdk bsa bkerja lagi,,,semoga amal ibadah beliau di terima di sisi ALLAH SWT,,,dan di ampuni segala dosa2nya yg di sengaja maupun tdk di sengaja,,,AMIN,,,
buat teman2 para penghoby mancing,,ambil hikmah dan pelajaran aja dari sedikit cerita ane ini,,,yg mungkin tdk begitu penting atau berkesan di mata teman2,,,sesungguhnya semua yang bernyawa pasti mengalami mati,,termasuk kita,,,hidup terlalu singkat jika hanya untuk mengeluh dan bersedih,,apa lagi GALAU,,,no,,no,,no,,,haha,,,
syukuri setiap apa yg kita punya,,hidup adalah proses belajar untuk jadi yg lebih baik,,sungguh merugi jikalau hidup hanya untuk berbuat maksiat,,jika ada masalah hadapilah dan selesaikanlah,,nggak ada masalah nggak belajar,,kalau masalahmu terlalu berat,,masih ada ALLAH SWT yg tidak pernah tidur untuk hamba2nya yg selalu ingat kepadanya,,dan tidak pernah henti2nya memberikan pertolongan dan pengampunan kepada kita semua,,,bangunlah rumah idaman dan impianmu sesuai kemampuanmu,,,tapi bangunlah rumah masa depanmu se baik2nya dan sebagus2nya di akhirat kelak,,,
semoga kita semua bisa menjalani hidup lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain,,dan bisa meninggalkan ilmu yg bermanfaat untuk anak cucu dan generasi ke depan,,,AMIN2 YA ROBBAL ALAMIN,,,salam mancing,,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar