Jumat, 07 Agustus 2015

ADAT MUDUN LEMAH ATAU 7 BULANAN ANAK PERTAMA LAHIR

Hallo penghobi mancing mania dimanapun anda berada,,welcom back to my simpel blog,,selamat datang di blog sederhana ane yang nggak begitu penting sih,,tapi bolehlah berbagi sedikit pengalaman hidup,,,
kali ini ane akan bercerita tentang pengalaman ane waktu ngadain acara syukuran mudun lemah anak ane,,atau biasa di sebut TEDAK SITI ,,,sebenernya ane juga belum begitu faham apa sih dan bagaimana acara mudun lemah itu sendiri,,,maklum gan,,ane lahir di kota,,jadi kurang faham adat2 orang di desa,,hehe,,
gini gan kalau kata orang tua ma sesepuh di keluarga istri,kalau anak sudah berumur 7 bulan setelah lahiran harus ngadain syukuran mudun lemah,,konon sih buat memperingati sang anak turun nginjak tanah biar di beri keselamatan dan kesehatan,,,ane sendiri sih kurang faham makna dan filosofinya,,biar lebih jelas coba dah agan2 gogling blog sebelah,,haha,,
ane ceritain sedikit nih pengalaman ane sendiri aja tentang acara mudun lemah atau tedak siti anak ane,,
dulu yang jelas ane harus mbuat bubur candil gan,,kurang lebihnya hampir 25kg lebih gan,,ngeri kan,,,jumlahnya tergantung dari orang2 yang mau di kasih,,,kalau di desa ukuran segitu sudah biasa karna satu kampung biasanya kebagian semua,,maklum masih saudara dan kerabat,,hehe,,
cara mbuat bubur candil ini menurut ane memang exstrim dan benar2 menguras tenaga,,,gimana tidak menguras tenaga satu wajan adonan membutuhkan waktu 3-4 jam sampai bisa jadi bubur matang,dan cara membuatnya harus di aduk terus menerus hingga adonan bubur mengental,,,bayangin aja gan pas ane dulu aja 25kg tu bisa jadi 7 wajan gan,,jika satu wajan bisa memakan waktu 3-4 jam,tinggal dikalikan saja tu gan ma 7 wajan,,hehe,,untung ane pake 2 wajan,,jadi bisa menghemat banyak waktu,,itu aja ane mulai dari pagi2 hari selesai malam hari tanpa berhenti,,sampai ane harus menyewa orang buat ngaduk adonanya,,ngeri kan,,hehe,,

nah itu beberapa foto saat ane ma teman2 mbuat bubur candilnya,,,bisa agan2 bayangin kan bagaimana perjuanganya,,sebenernya bisa sih beli atau pesan ke tukang jual bubur yang biasanya jualan di pasar,,tapi kata mbah istri ane,nanti mengurangi nilai atau manfaat acara mudun lemah itu sendiri,,atau apalah artinya,,ane sih nurut aja,,hehe
nah sembari menyelesaikan mbuat buburnya,,sore hari sebelum magrib prosesi acara mudun lemahnya dimulai,,pertama2 anak ane di doa2in sama dukun bayinya,,trs melakukan beberapa ritual dengan menggunakan beberapa alat2 dan barang yang sudah di persiapkan sebelumnya,,seperti kurungan ayam yang sudah di hias,,tangga dari batang tebu,,dan barang2 seperti alquran,bolpoin,uang,gelang emas dll,,tergantung apa yang di punya,,konon semua barang2 itu hanya sebagai simbol pekerjaan apa kedepan yang akan di pilih sang anak,,kebetulan anak ane waktu itu kalau nggak salah ngambil gelang,bolpoin dan gabah/beras yang belum di selep,,bisa di artikan nantinya menjadi pengusaha sukses,,amin,,,hehe,,itu kata dukunya lhoya,,haha
walaupun sebenernya ane berharap anak ane milih alquran,,biar kelak menjadi ustad atau setidaknya bisa hafal alquran untuk keselamatan dunia dan akhirat,,amin,,apa gunanya kalau sukses didunia tapi tidak sukses di akhirat,,harta benda tidak dibawa mati juga kan,,,
nih beberapa contoh barang2nya yang akan dipilih sang anak sebagai simbol pekerjaan atau bagaimana sang anak mencari jalan rejeki kelak,,,
sang anak nanti di tuntun nuruni tangga dari tebu ini gan,,menandakan kalau anak sudah boleh menyentuh tanah,,,
sang anak juga di masukkan ke dalam kurungan ayam yang sudah di hias,,ane sih kurang tau arti atau filosofinya apa sih gan,,

nah ini gan acara yang paling di tunggu2 dan di cari2,,yaitu menghamburkan uang receh ke arah keramaian  warga yang sudah menunggu,,wkwkwkwkwwk,,uang receh 3 besek ludes gan,,hedeh,,,
tapi bener2 rame,unik dan lucu,,nggak anak2 nggk bapak2 nggak orang tua jadi satu rebutan uang,,haha,,
ane juga kurang tau apa arti dan filosofinya gan,,yang jelas memang bikin ketawa,,hehe
ini aja gan cerita mudun lemah atau tedak siti pengalaman pribadi saat syukuran anak ane,,semoga menjadi inspirasi buat agan2,,hehe







Tidak ada komentar:

Posting Komentar